Bondowosonews – Guna terus meningkatkan kapasitas kelembagaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso menggelar rapat koordinasi (rakor) dan training of trainer (ToT) fasilitator panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) dalam bimbingan teknis (bimtek) kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Aula Hotel Camplong.

Kegiatan rakor dan ToT itu diikuti oleh ketua dan anggota PPK serta ketua dan anggota PPS se-Kabupaten Bondowoso yang dibagi menjadi empat gelombang di hotel Ijen view Bondowoso.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Sunfi Fahlawati menjelaskan, rakor dan ToT ini merupakan pembekalan untuk PPK dan PPS untuk melaksanakan bimtek kepada KPPS. Para KPPS akan dibimbing mengenai penyelenggaraan pemilu setelah dilantik pada 25 Januari 2024 mendatang.

“Rakor dan ToT ini tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan melalui penguatan PPK dan PPS sebelum melaksanakan bimtek KPPS,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia menguraikan, pada rakor dan ToT itu, PPK dan PPS digodok tentang ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan pemungutan dan penghitungan suara. Selain itu, pihaknya juga melaksanakan simulasi penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). KPU RI menerapkan Sirekap sebagai alat bantu dalam proses rekapitulasi hasil penghitungan surat suara.

“Kami sangat bersyukur acara berjalan lancar dan semoga bermanfaat dalam menambah pengetahuan, utamanya yang sifatnya teknikal dan selanjutnya PKK dan PPS ini bertugas membimtek KPPS,” tambahnya.

Rakor dan ToT ini menindaklanjuti Surat KPU Jatim Nomor 37/PP.04-Und/35/2024 tentang Rapat Koordinasi Monitoring Pembentukan KPPS dan ToT Fasilitator KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dalam Bimtek KPPS Pemilu Tahun 2024.

“Kami harap, melalui rakor dan ToT ini, semua PPK dan PPS bisa mentransformasikan bekal ilmu yang didapat kepada KPPS. Sehingga para anggota KPPS dapat memahami tata cara pengisian  seluruh dokumen  serta tugas dan fungsi dari KPPS,” harapnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini