Sah Forkopimda Bondowoso Sepakat Pilkades Serentak Dilaksanakan Tahun 2025

Bondowoso -Sah Forkopimda Bomdowoso sepakat pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Bondowoso akan digelar pada tahun 2025.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD),Haeriyah Yulianti usai mengikuti Rapat Koordnasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Rabu 24/5 223, di ruang Paringgitan pendopo Bupati Bondowoso.

Dikatakan ada 20 Kepala Desa (Kades) yang masa jabatannya berahir Diantaranya 16 Kades masa jabatanya berahir pada blan Desember 2023 dan 4 Kades berahir Januari 2024.

“Setelah masa jabatan Kades tersebut berahir maka akan ada penunjukan pejabat (PJ) yang disusulkan oleh Camat pada Bupati tentu saja adalah Aparatur Sipil Negara (ASN),” jelasnya.

Adapun penundaan Pilkades serentak, tersebut berdasarkan hasil moratorium dengan Pemerintah Pusat, karena hampir bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Pileg,Pilgub dan Pilpres.

“Ya agar tidak berbenturan dengan pemilu,sebetulnya draft tahapan Pilkades sudah disiapkan oleh DPMD dan rencana anggarannya sudah diajukan ke Tim Anggaran .Itu artinya Pemkab Bondowoso sebenarnya sudah siap melaksanakan Pilkades serentak,”tegasnya.

Untuk diketahui Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, yang memimpin secara langsung rapat koordinasi forum komunikasi pimpinan (Forkopimda) Kabupaten merujuk surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.3.5./244/SJ point 4A tentang Bupati/Wali kota yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa, dapat dilaksanakan sebelum tanggal 1 November 2023 dengan tetap berpedoman pada ketentuan peraturan perundang undangan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini