Bondowosonews – Pemkab Bondowoso. Melalui Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Disperpusip) berupaya meningkatkan literasi masyarakat dengan mengukuhkan tim Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB).

Pengukuha dilakukan Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, di Pendopo Bupati, Kamis (27/10/2022).

Irwan mengatakan bahwa upaya untuk memasyarakatkan minat baca masyarakat ialah melalui peran aktif dari organisasi GPMB.

“Diharapkan akan lebih meningkatkan minat baca masyarakat yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Bondowoso,” tegasnya.

Dikatakan bahwa sebagaimana visi Bondowoso melesat terutama dalam mewujudkan misi kelima yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul.

Menurutnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan IPM sebagai indikator adalah peningkatan indeks pendidikan. Sehingga diperlukan kecakapan literasi melalui peningkatan minat baca agar bisa mewujudkan budaya baca masyarakat.

Dimana kata Irwan, membaca sebagai biang dari literasi diharapkan menjadi kebutuhan kehidupan masyarakat.

” Untuk itulah GPMB harus hadir dalam mensosialisasikan pentingnya meningkatkan budaya minat baca kepada seluruh elemen masyarakat, “harapnya.

Selain itu terkait juga dengan upaya membangun pemerintah daerah sebagai Kabupaten layak anak. Dengan keberadaan organisasi GPMB ini akan menjawab tantangan dalam meningkatkan minat baca masyarakat terutama di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini.

” Saat ini dalam keluasaan akses informasi yang tidak terbatas perlu adanya edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya mengakses informasi secara bijaksana, ” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Disperpusip Bondowoso, Alun Taufana menerangkan bahwa, kondisi minat baca, budaya baca, gemar membaca di Indonesia masih relatif rendah sehingga diperlukan percepatan untuk mewujudkan budaya baca masyarakat.

” Dengan membentuk GPMB yaitu organisasi sosial kemasyarakatan yang independen dan tidak bersifat politik yang merupakan wadah untuk menggerakkan minat dan budaya baca masyarakat,” pungkasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini