Bondowosonews – Kepolisian Resort Bondowoso, berhasil menangkap komplotan pencuri kopi di gudang milik PTPN XII Kebun Kalisat Jampit masuk wilayah Desa Kalisat, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

Tim Reskrim, yang dipimpin AKP Agus Purnomo, berhasil membekuk sebanyak 10 orang pelaku.

Kesepuluh pencuri kopi yang terancam mendekam di penjara, mereka masing masing bernisial SY (45), IP (35), ZA (35), MS (24), FR (36), MA (29), SU (38), MI (36), HE (35) dan JU (45).

Tak hanya membebuk para pelaku, tim Reskrim juga menyita sejumlah barang bukti.

Di antaranya dua unit mobil panter, tiga unit sepeda motor, dua buah Argo, satu buah keyboard, satu stel sepatu PDL, dua buah gelang emas, sembilan lembar surat pernyataan oleh tersangka, satu bendel hasil audit.

Akibat aksi komplotan para pelaku, pihak PTPN mengalami kerugian hingga mencapai Rp 985 juta lebih.

Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko melalui Kasat Reskrim Polres Bondowoso AKP Agus Purnomo membenarkan pengungkapan dan penangkapan teduga pelaku pencurian kopi di PTPN XII tersebut.

Menurutnya, aksi pencurian yang dilakukan para pelaku dilakukan sejak Januari hingga Desember 2022 lalu.

Dalam melancarkan aksinya, kata AKP Agus, para pelaku ini dibantu pihak dalam PTPN, sehingga aksi pencurian berjalan mulus hingga berlangsung selama setahun.

“Semua itu atas perintah dan rencana pelaku SY yang tidak lain petugas Satpam di PTPN,” ujar Kasat Reskrim Polres Bondowoso, AKP Agus Purnomo.

Untuk memuluskan aksi para pelaku, lanjut AKP Agus, tersangka SY membuka kunci gudang penyimpanan kopi, sehingga para pelaku dengan mudah masuk dan mencuri kopi tersebut.

Bahkan, setelah berhasil mengeluarkan kopi dari dalam gudang, para pelaku membawa kopi hasil curian itu dengan menggunakan Arga ke halaman belakang kantor dan melemparnya keluar pagar PTPN XII tersebut.

“Diluar pagar sudah ada pelaku lain yang menunggunya. Rata-rata setiap aksinya, pelaku ini mencuri sebanyak sekitar 15 karung kopi,” jelasnya.

Selanjutnya, kata AKP Agus menjelaskan, hasil curian dbawa dengan menggunaka sepeda motor oleh pelaku ke Lapangan Hasanuddin dan memasukkan kedalam mobil yang sudah menunggunya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini