Bondowosonews – Dua hari terakhir di media sosial viral warga Bondowoso memposting foto selfi di lahan petik melon Desa Kretek Kecamatan Taman Krocok , Bondowoso,Jawa Timur.

Kegiatan yang diprakarsai oleh para petani muda Bondowoso yang tergabung dalam Agrofarm Bondowoso ini cukup mencuri perhatian.

Yuk Kenal lebih dekat Agrofarm Bondowoso.

Moh Samsul Arifin Ketua Agrofarm Bondowoso mengatakan bahwa komunitas yang dipimpinya tersebut untuk mewujudkan ekonomi mandiri bagi petani di Bumi Kironggo.

“Ekonomi mandiri merupakan sistem perekonomian rakyat, yang mengatur mekanisme sumber penghidupan pelaku ekonomi dalam konteks kehidupan masyarakat gotong royong berdasarkan kegiatan ekonomi yang tidak menganut prinsip ketergantungan, tetapi berdasarkan swadaya.Maka dari itu kami sepakat bergabung di Agrofarm Bondowoso,”jelasnya saat dikonfirmasi di lahan Petik Melon desa Kretek ,Minggu 23/10/2022.

Berita Terkait Petik Buah Melon Desa Kretek Bondowoso Prospek Agrowisata yang Menjanjikan

Dikatakan bahwa ekonomi mandiri yang digagasnya meliputi 5 sub sektor diantaranya :

1. Agrofisheries

Agrofisheries adalah sistem pertanian terpadu merupakan teknik budidaya beragam tanaman atau kultur dimana hasil dari satu budidaya digunakan untuk bahan budidaya lain. Sehingga dapat menyeimbangkan semua unsur hara organik dan menjadi pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Berikut merupakan tiga jenis konsep yang ada dalam sistem pertanian terpadu. Konsep ini bukanlah patokan utama dalam menerapkan sistem pertanian terpadu, akan tetapi dapat dijadikan pilihan atau gambaran mengenai sistem pertanian terpadu agar lebih mudah dikenali dan dipahami.

“Agrofisheries merupakan integrasi perikanan dan sawah pertanian. Dengan agrofisheries selain panen padi maka petani pun juga dapat memanen ikan,” paparnya.

2. Agroforestry

Agroforestry adalah suatu bentuk pengelolaan sumber daya yang memadukan kegiatan pengelolaan hutan atau pohon kayu-kayuan dengan penanaman komoditas atau tanaman jangka pendek, seperti tanaman pertanian. Model-model wanatani bervariasi mulai dari wanatani sederhana berupa kombinasi penanaman sejenis pohon dengan satu-dua jenis komoditas pertanian, hingga ke wanatani kompleks yang memadukan pengelolaan banyak spesies pohon dengan aneka jenis tanaman pertanian, dan bahkan juga dengan ternak atau perikanan.

3. Agrohusbandry

Berkaitan dengan hewan yang dibesarkan untuk daging , serat , susu , atau produk lainnya. Ini mencakup perawatan sehari-hari, pembiakan selektif , dan pemeliharaan ternak .

4. Agriculture

Agriculture adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang ukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

5. Agrotourism

Diharapkan ada aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait  yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Agrowisata memiliki beragam variasi, seperti , wisata petik buah, memberi makan hewan ternak, hingga restoran di atas sawah.

“Agrowisata merupakan salah satu potensi dalam pengembangan industri pariwisata mengingat lahan pertanian di Bondowoso ini sangat potesial.kami rutin melakukan diskusi untuk kemajuan pertanian di Bondowoso,”pungkasnya.

Untuk diketahui Agrofarm Bondowoso sudah memiliki legalitas perseroan terbatas (PT. Komunitas Agrofarm Bondowoso) Yang beralamat di Dusun Timur Curah, Rukun Tetangga 003, Rukun Warga 002, Kelurahan/Desa Penambangan, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso, Propinsi Jawa Timur*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini